Rabu, 11 Februari 2009

Nasib Paket STIMULUS

Tujuan semula Obama adalah mendapatkan dukungan dari kedua partai dalam menggolkan paket stimulus, namun gagal akibat pertentangan mengenai langkah mana yang lebih baik untuk menstimulus ekonomi, pihak Republikan lebih memilih agar belanja pemerintah dikurangi.

Senator Republikan John McCain mengatakan paket stimulus yang dicanangkan Obama sama sekali tidak menstimulasi, sebaliknya malah menghambur-hamburkan uang. Disamping itu, dana yang dibutuhkan sangat besar.

Sampai akhir minggu ini, pihak Demokrat sedang berupaya mendapatkan 60 suara Senat sehingga bisa mengatasi hambatan-hambaran prosedural yang dilemparkan Republikan.

Pihak Republikan maupun Demokrat yang lebih moderat akhirnya membuat kesepakatan rencana yang bernilai $800 miliar, dimana Senat diperkirakan akan mengambil suara hari ini. Kemudian negosiasi akan berlanjut tentang bagaimana mengkombinasikan versi DPR dan Senat menjadi satu paket final, disinilah nanti akan terjadi aksi saling tuding.

Kejadian ini bukan berarti Obama memutus harapan akan terwujudnya kerjasama dua partai, karena sampai saat ini Obama masih berbicara dengan Republikan yang menyebabkan hancurnya kesepakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar