Minggu, 31 Mei 2009

Wall Street dituding penyebab krisis

Beberapa manajer hedge fund dalam konferensi investasi minggu ini, sebagaimana dilaporkan oleh Reuter (29/05) mengingatkan bahwa sejumlah langkah pemerintahan Obama , mulai dari intervensi masalah Chrysler hingga penalangan hutang ala Departemen Keuangan AS dipandang hanya akan memperpanjang masa edar resesi belaka.

Dalam pandangan para hedge fund, yang sedang mengadakan konferensi tahunan Ira Sohn Investment Research, akan lebih baik bila pemerintahan Obama membiarkan mekanisme pasar tanpa gangguan pemerintah, mungkin akan menimbulkan sakit sesat namun hal itu diangap bisa menyelesaikan masalah secara menyeluruh sehingga perbaikan ekonomi bisa lebih baik dan awet.

Menurut David Einhorn dari Greenlight Capital, mengatakan bahwa strategi dasar yang bisa dilakukan adalah sebagaimana tahun 2006, dimana pemerintah melakukan subsidi pada perbankan yang memberikan kredit, menekan lonjakan obligasi, menunda kebutuhan untuk merekapitalisasi perbankan saat sedang memfokuskan pada proses perbaikan ekonomi dan mendukung kenaikan harga-harag saham.

Wall Street sejauh ini dituding telah menyebabkan krisis ini sebagai akibat melonjaknya pasar akibat aksi spekulasi dan keserakahan praktisi pasar yang menyeret kearah krisis keuangan AS. Presiden Obama sendiri bulan lalu mengatakan bahwa beberapa Hedge Funds sebagai spekulan saat mereka menolak mendukung kebijkan Obama dalam merestrukturisasi Chrysler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar