Senin, 07 Juni 2010

Kenapa Sektor Technology Merah ?

peristiwa baru yang memicu penurunan indeks di Wall Street, yang terjadi di saat-saat akhir penutupan. Para investor pun masih diliputi kekhawatiran atas krisis keuangan di Eropa. Namun pelaku pasar juga menaruh perhatian atas kabar bahwa sejumlah perusahaan besar, yaitu Google Inc. dan Goldman Sachs, tengah berurusan dengan pihak berwenang di AS terkait dengan masalah hukum.

Namun aksi lepas pada saat-saat akhir perdagangan, yang juga terjadi pada sesi Jumat pekan lalu, mengingatkan pengamat pada situasi di masa krisis keuangan di AS pada 2008. Saat itu, para trader merasa bahwa strategi yang terbaik bagi mereka adalah melepas saham tepat sebelum transaksi ditutup.

Penurunan pada indeks Nasdaq terjadi begitu investor mendengar bahwa Google Inc. menerima teguran dari Kejaksaan negara bagian connecticut agar mengatasi masalah pada pengumpulan data personal dan bisnis terkait dengan layanan pemetaan Google di Connecticut.

Masalah hukum berskala lokal yang menyeret Google di Connecticut membuat saham perusahaan itu anjlok 2,7%. Ini rupanya mempengaruhi psikologi pasar sehingga memicu aksi lepas saham-saham teknologi.

Situasi serupa juga melanda saham-saham keuangan setelah Goldman Sachs Group Inc. menerima panggilan pemeriksaan dari suatu komisi khusus yang bertugas menyelidiki penyebab krisis keuangan di AS 2008-2009. Para investor pun ramai-ramai melepas saham perbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar